Musisi Amerika Aretha Franklin tampil di atas panggung di Park West Auditorium, Chicago, Illinois, … [+] 23 Maret 1992. (Foto oleh Paul Natkin/Getty Images)

Gambar Getty

Ketika Aretha Franklin—Ratu Jiwa—meninggal pada tahun 2018, dilaporkan secara luas bahwa penyanyi tersebut tidak memiliki surat wasiat. Don Wilson, seorang pengacara Los Angeles yang bekerja untuk Franklin selama hampir 30 tahun, memberi tahu Penjaga, “Saya mencoba meyakinkannya bahwa dia seharusnya tidak hanya membuat surat wasiat tetapi juga kepercayaan saat dia masih hidup. Dia tidak pernah mengatakan kepada saya, ‘Tidak , saya tidak ingin melakukannya.’ Dia mengerti kebutuhannya. Sepertinya bukan sesuatu yang dia lakukan.”

Banyak yang menganggap luar biasa bahwa Franklin, yang kekayaannya diperkirakan bernilai $80 juta pada saat itu, tidak terlibat dalam perencanaan perumahan apa pun.

IKLAN

Hanya saja, ternyata dia benar-benar punya.

Wasiat tulisan tangan

Pada Mei 2019, dua surat wasiat tulisan tangan ditemukan di rumahnya. Satu, bertanggal 2010, ditemukan di lemari terkunci. Dokumen kedua, bertanggal 2014, ditemukan di buku catatan di bantal sofanya.

Surat wasiat itu menjadi fokus gugatan yang melibatkan anak-anak Franklin. Franklin belum menikah saat kematiannya. Dia menceraikan suami pertamanya, Ted White, pada tahun 1969, dan kemudian menceraikan suami keduanya, Glynn Turman, pada tahun 1984. Dia meninggalkan empat putra—Clarence Franklin, Edward Franklin, Kecalf Franklin, dan Ted White Jr.

LOS ANGELES – NOVEMBER 1978: Penyanyi Aretha Franklin (dengan mantel bulu dan topi) menghadiri Hollywood … [+] Parade Natal bersama suaminya aktor Glynn Turman (kanan) dan putranya Kelf (tengah) pada November 1978, di Los Angeles, California. (Foto oleh Arsip Michael Ochs/Getty Images)

getty

IKLAN

Dalam dokumen pengadilan, putra Edward dan Kecalf berpendapat bahwa surat wasiat tahun 2014 mengendalikan, sementara White menyatakan bahwa dokumen tahun 2010 dimaksudkan sebagai surat wasiat Franklin yang sebenarnya. Clarence, yang dikabarkan memiliki kebutuhan khusus dan diwakili oleh wali yang sah, tidak ikut serta dalam gugatan tersebut.

Ketiadaan wasiat

Di bawah hukum Michigan, seandainya tidak ada surat wasiat—disebut sebagai wasiat—tanah milik Franklin akan diberikan dengan pembagian yang sama kepada putra-putranya. Itu karena ketika Anda tidak memiliki surat wasiat, hukum negara bagian akan menentukan siapa yang berhak atas properti Anda.

Sengketa

2010 akan membagi harta warisan kurang lebih sama antara putra Franklin. Namun, di bawah wasiat 2014, tiga putranya — tidak termasuk Clarence — berdiri untuk mendapatkan keuntungan dari harta milik Franklin, berbagi pendapatan terkait musiknya. Kecalf juga akan mewarisi rumah ibunya di Michigan, senilai lebih dari $1,1 juta saat penyanyi itu meninggal, dan mobilnya.

IKLAN

Masalah tersebut dimainkan di pengadilan pengesahan hakim di atas kertas selama bertahun-tahun sebelum disidangkan di ruang sidang Michigan tahun ini. Persidangan hanya memakan waktu dua hari, menghasilkan keputusan juri bahwa dokumen tahun 2014 adalah surat wasiat Franklin.

Di persidangan, pengacara Craig Smith menunjuk ke baris pertama surat wasiat tahun 2014, yang telah diledakkan di poster juri. Dia mencatat, “Berkata di sini: ‘Ini adalah kehendak saya.’ Dia berbicara dari kubur, teman-teman.”

Wasiat Holografik

Tidak ada pihak yang membantah apakah Franklin telah menulis dokumen tersebut. Pertengkarannya adalah apakah tahun 2014 akan memenuhi kriteria untuk dianggap sebagai surat wasiat yang sah berdasarkan hukum Michigan.

IKLAN

Surat wasiat tulisan tangan terkadang disebut surat wasiat holografik. Tidak semua negara bagian mengakui surat wasiat tulisan tangan, dan yang melakukannya mungkin memiliki keterbatasan. Misalnya, di bawah hukum Arkansas, surat wasiat holografik dapat dianggap sah jika setidaknya tiga saksi yang kredibel dan tidak memihak menjamin tulisan tangan dan tanda tangan pewaris. Di Maryland, wasiat holografik hanya berlaku bagi mereka yang bertugas di angkatan bersenjata AS jika ditandatangani di luar AS dan wilayahnya—wasiat tersebut tidak berlaku satu tahun setelah keluar dari militer.

(Jenis wasiat lain, yang disebut wasiat nuncupatif, adalah wasiat yang disampaikan secara lisan kepada saksi. Ini juga hanya diterima sebagai valid di beberapa negara bagian.)

Hukum Michigan—tempat Franklin menjadi penduduk—membolehkan surat wasiat holografik. Menurut undang-undang negara bagian Michigan, wasiat holografik adalah sah jika ditandatangani dan diberi tanggal, dan bagian materinya ada dalam tulisan tangan pewaris (pewaris atau pewaris adalah istilah hukum untuk orang yang membuat wasiat). Holografik tidak perlu disaksikan di Michigan agar valid.

White berpendapat bahwa dokumen itu tidak dimaksudkan sebagai surat wasiat akhir. Tetapi Charles L. McKelvie, seorang pengacara Kecalf, bertanya, “Mengapa ada orang yang menandatangani dokumen jika itu hanya draf?”

IKLAN

Seorang juri setuju.

Kecalf Franklin, putra superstar musik Aretha Franklin meninggalkan sidang pengadilan bersama putrinya … [+] Grace, dari kiri, putra Jordan dan putrinya Victorie, Selasa, 11 Juli 2023, di Pontiac, Mich. (AP Photo/Carlos Osorio)

Hak Cipta 2023 Associated Press. Seluruh hak cipta

Langkah selanjutnya

Masalahnya mungkin masih jauh dari selesai. Satu alasan? Beberapa bagian surat wasiat dikatakan sulit dibaca. Hakim Jennifer S. Callaghan mengatakan bahwa meskipun surat wasiat tahun 2014 sah, White masih dapat berargumen bahwa bagian dari perencanaan perumahan tahun 2010 harus dimasukkan.

Selain itu, Kecalf masih harus mengajukan permohonan untuk menjadi pelaksana harta warisan (anggota keluarga yang menjabat sebagai wakil pribadi mengundurkan diri pada tahun 2020).

IKLAN

Sedangkan untuk Clarince? Dia berdiri untuk kehilangan paling banyak di bawah wasiat 2014, meskipun dokumen tersebut seharusnya menyertakan arahan bagi putra Franklin untuk “mengawasi kebutuhannya.” Menurut Smith, saudara-saudaranya telah setuju untuk mendukungnya.

Masalah Pajak

Perselisihan tentang dua surat wasiat hanyalah salah satu dari banyak tantangan yang dihadapi keluarga Franklin ketika berurusan dengan perkebunan. Pada tahun 2018, IRS mengajukan klaim perlindungan terhadap perkebunan untuk pajak balik untuk tahun pajak 2012 hingga 2018. Pada tahun 2021, perkebunan tersebut mencapai kesepakatan dengan agen pajak, dan pemeriksaan akhir dilaporkan dikirimkan pada tahun 2022.

Membawa pergi

Keluarga akhirnya bisa bernafas lega, setelah melewati satu rintangan. Tapi butuh lima tahun untuk sampai ke sana. Ini adalah kisah peringatan tentang pentingnya bijaksana dan berhati-hati dengan perencanaan pajak dan perumahan Anda — tidak peduli seberapa besar rekening bank Anda.

IKLAN

LEBIH DARI FORBESA Fan Meninggalkan Tanahnya Untuk Neymar-Inilah Mengapa Itu Bukan Ide yang BurukBy Kelly Phillips Erb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *